HASIL LAPORAN OBSERVASI PERUBAHAN SOSIAL

          PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT DESA LANGKIR 

Penulis dari Xl IPS 5 SMA NEGERI 1 PAMOTAN yang bernama:
Nur Safitri (27)
Salsabila Nur Aini (31)
Dwi Novi Yanti (08)
Yunita Ekha Pratiwi (36)
Sri Wiyanti (34)

Berdasarkan hasil observasi yang kami lakukan mengenai perubahan sosial dari zaman dahulu ke zaman modern. Hasil observasi ini di lakukan di desa Langkir kecamatan pancur kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Hasil observasi ini mencakup perubahan rumah zaman dahulu dan sekarang, fashion zaman dahulu dan sekarang,serta peralatan rumah tangga zaman dahulu dan sekarang. Pada saat kami mengelilingi rumah di Desa Langkir kami sedikit kesulitan menemukan bentukan rumah maupun barang-barang kuno sedangkan bentukan rumah zaman modern cukup mudah. Hasil foto observasi di dapatkan dari rumah ke rumah dan setiap orang mengambil potret juga beda-beda,karena hasil observasi ini dilakukan dengan cara di bagi dan setiap orang mendapatkan tugas bagian masing-masing. Setelah itu kami melakukan analisis terhadap perusahaan apa yang terjadi ketika arsitektur rumah,busana,dan perabotan rumah tangga ketika berubah. Kami fokus terhadap sistem sosial apa yang berubah dari norma sosial,interaksi sosial, kelompok sosial, tindakan sosial,kelas sosial, mobilitas sosial, konflik sosial,hingga integrasi sosial.
Berikut ini perubahan yang terjadi dari zaman ke zaman dan selamat membaca.

A. Arsitektur Rumah Zaman Dahulu dan Zaman Modern
•Model Rumah Zaman Dahulu
Ada beberapa model rumah zaman dahulu dengan gaya rumah yang sangat sederhana yang masih ada sampai sekarang, seperti halnya rumah joglo yang kami temukan saat berkeliling di Desa Langkir.
Berikut merupakan potret rumah joglo:
Rumah Joglo diatas milik Bu Ruwah yang beralamat di Desa Langkir Rt02/Rw01 Kecamatan Pancur Kabupaten Rembang.
         ( Di potret oleh Salbila Nur Aini,16 September 2023)

Kami cukup kesulitan untuk menemukan potret rumah joglo ini dikarenakan sekarang banyak bentuk rumah yang dulunya merupakan rumah zaman dahulu yang sudah di renovasi menjadi bentuk rumah modern. 

•Model Rumah Zaman Modern
Rumah klasik modern atau modern classic adalah sebuah konsep tatanan rumah yang menghasilkan gaya baru dengan estetika yang menawan bagi rumah komersial. Gaya ini menggabungkan nuansa klasik dengan sentuhan modern yang menampilkan tampilan nan elegan. 
Berikut merupakan potret rumah modern:
Rumah modern diatas milik Bu Kasih yang beralamat di Desa Langkir RT/03 RW/02 Kecamatan Pancur Kabupaten Rembang.
     ( Di potret oleh Salsabila Nur Aini, 16 September 2023)

Bangunan rumah modern banyak di temui di kota besar maupun di desa. Rumah klasik modern banyak di sukai karena rumah nya yang estetik dan bahan-bahan rumah harganya juga terjangkau. 

B. Gaya Pakaian Zaman Dahulu dan Zaman Modern
•Model Pakaian Zaman Kuno
Setelah kami traveling dari rumah ke rumah di Desa Langkir kami kemudian mencari indikator kedua yakni pakaian,kami kesulitan mencari dengan melirik Kanan kiri kemudian menjumpai seorang nenek yang sedang duduk santai di bawah pohon mangga yang rindang.
Kebetulan lagi nenek tersebut sedang mengenakan kebaya,kami kemudian berbincang-bincang lalu meminta izin untuk memfoto beliau dan beliau menyetujui.
Berikut merupakan contoh pakaian zaman kuno:
Baju kebaya diatas milik mbah Sarmi yang beralamat di Desa Langkir RT/03 RW/01 Kecamatan Pancur Kabupaten Rembang.
                 (Di Potret oleh Sri Wiyanti,16 September 2023)

Dengan kebaya warna pink soft yang mbah Sarmi kenakan 
memberikan kesan kalem dan di lengkapi dengan bawahan jarik dengan motif kupu kupu semakin menambah kesan estetika pada mbah Sarmi.

•Model Pakaian Zaman Modern
pakaian zaman modern anak muda zaman sekarang mengikuti trend fashion. Trend fashion yang lagi ngetrend di kalangan anak muda adalah Korean style dan style dari negara-negara barat.


Baju zaman modern di atas milik Dwi Novi Yanti Di Bukit Cendana kecamatan Sedan Kabupaten Rembang 
   (Dipotret oleh Nur Safitri,11 juni 2023)

Gambar diatas merupakan contoh gambar dari fashion Korean style. Korean style sangat di kagumi di kalangan anak muda maupun di beberapa usia.
Pemilihan warna baju creame di ikuti celana jeans yang panjang memberikan kesan elegan dan ramping pada tubuh seseorang.

C.Perabotan Rumah Tangga Zaman Dulu Dan Sekarang 
1.Perbedaan cobek dengan blender
A.Cobek 
Cobek atau ulekan merupakan alat yang telah digunakan sejak zaman purbakala untuk menumbuk, menggiling, melumat, mengulek, dan mencampur bahan-bahan tertentu (misalnya bumbu dapur, rempah-rempah, jamu, atau obat-obatan).
Cobek Batu miliki Bu Karmini yang beralamat di Desa Langkir RT 03/ RW 02 Kecamatan Pancur Kabupaten Rembang.
           (Di potret oleh Dwi Novi Yanti ,16 September 2023)

Orang-orang zaman dulu menghaluskan bumbu lebih umum menggunakan ulek-ulek yang terbuat dari batu,karena memasak menggunakan cobek ini emiliki cita rasa yang khas

B.Blender
Blender atau pelumat adalah alat elektronik berupa sebuah wadah dilengkapi pisau berputar yang digunakan untuk mengaduk, mencampur, menggiling, atau melunakkan bahan makanan. 
Blender di atas milik Bu Karmini yang beralamat tinggal di Desa Langkir RT03/RW02 Kecamatan Pancur Kabupaten Rembang
      (Dipotret oleh Dwi Novi Yanti,16 September 2023)

Material gelas blender biasanya terbuat dari kaca atau plastik. Kini orang lebih menyukai bahan plastik karena ringan dan tak gampang pecah, karena itu gelas blender bahan plastik dinilai lebih awet.

2.Perbedaan Sumur dengan PDAM 
A.Sumur
Air sumur atau air tanah merupakan salah satu sumber air bersih yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Masyarakat zaman dahulu memanfaatkan sumur untuk beragam kegiatan, mulai dari kebutuhan sanitasi hingga air minum sehari-hari. Pembuatan air sumur juga harus menentukan titik pengeboran tanah untuk mengetahui titik keberadaan sumber air.
 Sumur di atas milik bu ngasti yang beralamat di Desa Langkir               RT03/ RW02 Kecamatan Pancur Kabupaten 
          (Di potret oleh Sri Wiyanti, 16 September 2023)

B.PDAM
PDAM ini merupakan layanan penggunaan air bersih dengan sistem berlangganan dan membayar setiap bulan untuk sejumlah pemakaian air yang digunakan, dengan melihat meteran air yang biasa diletakkan di depan rumah pelanggan. Meteran air ini menghubungkan pipa instalasi PDAM lingkungan menuju pipa instalasi air di dalam rumah.
PDAM di atas milik Bu Ngasti yang berada di Desa Langkir RT 03/RW02 Kecamatan Pancur Kabupaten Rembang.
      (Di potret oleh Yunita Ekha Pratiwi,16 September 2023)

3.Perbedaan Pawon dengan Kompor
A.Pawon
pawon adalah alat masak atau juga bisa disebut sebagai kompor tradisional, yang bisa dibuat dari batu bata yang di tumpuk atau menggunaakn campuran tanah(lempung) dengan jerami atau kulit padi yang sudah kering, stelah itu dicampur jadi satu menggunakan air dan di injak-injak supaya jadi satu lalu di bentuk menyerupai kompor. Pawon juga berbeda dari kompor, pawon sendiri menggunakan kayu kering, daun pohon kelapa yang sudah kering dan lain-lain untuk menyalakan apinya agar bisa untuk memasak.
Pawon di atas milik Bu Karmini yang beralamat di Desa Langkir RT03/RW02 Kecamatan Pancur Kabupaten Rembang 
        (Di potret oleh Sri Wiyanti, 16 September 2023)

Orang zaman dahulu juga lebih sering atau lebih suka menggunakan alat masak yang berbahan dasar dari alam(tanah) karena tidak tercampur dengan bahan kimia dan sehat untuk badan. Selain itu juga bisa untuk menghindari dari penyakit yang membahayakan.

B. Kompor
kompor merupakan alat memasak yang sudah menggunakan bahan dasar dari gas untuk memunculkan apinya, kompor sendiri terbuat dari alumunium atau besi yang tidak mudah terbakar.
Kompor gas di atas milik Bu Karmini yang beralamat di Desa Langkir RT03/RW02 Kecamatan Pancur Kabupaten Rembang 
       (Di potret oleh Dwi Novi Yanti, 16 September 2023)




Postingan populer dari blog ini

DATA PERUBAHAN SOSIAL DESA LANGKIR